1 November 2010

kuselipkan doa dinamamu sayang

Ada saja yang salah dalam menuliskan namaku, ada yang menulisnya eni nurahyuni, eni nur rahayu, eni nur rahwuni, enny nur rahyuni. Memang apa sih arti sebuah nama? Ow.. penting, yang jelas nggak akan ribet urusan di Bank kalau cara penulisan namanya benar, hehehe... dan lagi bapak-ibu pasti punya maksud memberiku nama eni nur rahyuni, seingatku nih...

"eni" hanya sebuah nama, tak ada artinya, kucoba browsing di internetpun tak ada,

"nur" artinya cahaya, suka ilmu pengetahuan.

"rahyuni" diambil dari "rahayu" artinya selamat. Jadi maksud bapak-ibu memberi nama eni nur rahyuni kalau tidak salah adalah sebuah doa "semoga eni selalu haus ilmu dan mendapatkan cahaya keselamatan dari Allah SWT" Semoga saja pendapatku ini benar.

Lalu nama apa yang pantas kuhadiahkan untuk putra putriku? tentunya nama yang baik, nama yang menyiratkan doa dan harapan, panggilannya pun harus baik, terdengarnya juga baik sehingga mereka akan senang dan bangga memakainya, menyebutnya, menuliskannya dan tak akan menggantinya.

Persiapan memberi nama menjadi bahan diskusiku dengan suami saat test kehamilanku dinyatakan positif. Kamipun berburu nama, dan mengoleksi beberapa nama laki-laki dan perempuan dari majalah, koran (kebeneran masih menyimpan koran pengumuman UMPTN), nama teman-teman, dan akhirnya... nama "andi mirza zakaria" tercatat dalam akte kelahiran putra sulungku. Ada harapan besar dengan nama ini,

"andi" sebagai gelar bangsawan, semoga lahiriahnya tercukupkan, baik harta maupun ilmunya, bentuk lain dari andi adalah "andy" yang artinya : kuat, jantan,

"mirza" artinya : anak yang baik,

"zakaria" adalah nama nabi yang siang-malam.. bibir dan hatinya selalu bergetar memanjatkan doa.

4,5 tahun kemudian putri cantikkupun terlahir, berharap akupun bisa memberikan nama dan panggilan yang baik untuknya, dan nama "sofia zachra faiza" pun resmi disandangnya, doa-doapun terluncur dari namanya.

"sofia" memiliki banyak arti : jernih, terampil, bijaksana, mandiri, penyayang, rela berkorban, seorang yang karismatik, menciptakan keharmonisan kelompok, intuitif dan kreatif, selalu diberkati, pemimpin yang berambisi, penuh visi, sangat menarik, memiliki jiwa pembimbing dan penyembuh, kritis terhadap diri dan orang lain.

"zachra" dari "zahra" artinya : yang bersinar atau yang memancarkan cahaya, bunga, bunga yang mekar,tegas.

"faiza" artinya pemenang, jaya

Dan 5 tahun berikutnya, aku dan suami harus berjuang mendapatkan satu nama lagi untuk bungsuku, kalau nama yang kuberikan sebelumnya penuh doa dan harapan yang besar, panggilannyapun indah, nama yang akan kuberikan kali inipun harus seimbang dengan nama kakak-kakaknya, harus ada doa yang baik, ada harapan yang besar dan panggilannyapun juga indah dan menyenangkan. Dan... "salma nur aziza" adalah nama yang tepat untuk mengukirnya.

"salma" artinya : kedamaian, selamat, sehat, kekasih hati, melindungi, memiliki kemampuan berbicara yang baik, senang dirumah, pekerja keras, memiliki kemampuan sebagai pemimpin, pendengar yang baik.

"nur" artinya : cahaya, suka ilmu pengetahuan.

"aziza" artinya : menghargai, cantik (somalia)

Inilah sebuah doa dan harapan yang besar dariku dan suami, semoga apa nama yang diberikan sebagai hadiah untuk putra-putriku mendapatkan ridho Allah SWT. Amin YRA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar