19 Oktober 2011

Kalau Remaja Bertanya

Lain cara bertanyanya lain pula cara menjawabnya. Itu bedanya balita, kanak-kanak dan remaja. Balita atau kanak-kanak biasanya bertanya to the pint dari apa yang dilihat atau didengarnya. Biasanya “Apa atau kenapa” jadi pembuka pertanyaannya. Kalau tak bisa menjawab saat itu juga, kita akan cari cara menunda menjawab sambil mencari jawaban yang sesuai. Kali ini aku dibuat pusing oleh massage yang ditinggalkan putriku yang sekolah di SMU boarding school di Jawa. Begini isinya,

Ah, Abin lebay Mah, kadang Sofi kesel gara-gara Sofi terlalu over protect. Posesif banget... Tadi kan Sofi minta tambahan bimbel, baru selesai jam 06.20 terus ambil duit di ATM, ngantri kan lama banget. Baru selesai dari ATM jam setengah tujuh lebih. Kalo pulang ke asrama kan pasti gak sempet ikut makan malam, jadinya aku makan di luar baru selesai jam setengah delapan karena rame banget. Sampai asrama kan jam delapan. Aku rame-rame sama temen-temen. Abin marah-marah katanya aku bohong soalnya tadi pagi aku bilang ke dia kalo habis bimbel langsung pulang. Tapi aku kan ada kepentingan ambil duit, terus dia bilang kalo aku udah gak mau dinasehatin lagi. Gak tau ih lebay Abin mah... Gimana dong?Emang fatal banget ya mah?Kesel ih dimarah-marahin gini.... huuuuuuuuh

Wah dia lagi jutek berat sama pacarnya, harus hati-hati menjawabnya. Bagaimana membuatnya tenang dan mengerti posisinya. Lalu kubalas massagenya,

“Sofi sayang... kalau mama baca tulisan Sofi ini, memang sikap Abin ke Sofi berlebihan, terlalu mengatur, tidak mau mengerti kesulitan, kebutuhan dan hak Sofi. Abin tidak boleh bersikap seperti itu, membatasi gerak dan kebebasan Sofi. Abin tidak punya hak melarang yang menjadi kepentingan Sofi. Sofi kan masih panjang perjalanannya, masih perlu berkembang, masih harus terus maju.

Sekarang Sofi berusaha saja supaya Abin bisa mengerti kondisi ini, kalau memang Abin nggak bisa mau mengerti.. ya sudah, itu haknya Abin, tapi itu kurang / tidak bagus. Tapi, usaha Sofi untuk "memengertikan Abin" jangan sampai menjadi beban Sofi.

Apa yang terbaik menurut Sofi untuk maju, untuk berkembang, untuk memenuhi kebutuhan Sofi.. lakukan saja. Tidak boleh dibatasi oleh Abin maupun teman-teman Sofi. Tentunya temen-teman Sofi laki maupun perempuan juga memiliki kebebasan seperti Sofi untuk menimba ilmu atau beraktifitas yang positif kemana saja.

Mudah-mudahan semua bisa kembali baik lagi, tidak ada yang merasa benar, tidak ada yang merasa disalahkan. Semua hak dan kebutuhan Sofi bisa terpenuhi dan Sofi bisa maju. Jadi apa yang dibilang Abin "Sofi bohong" itu tidak benar.

Pesen mama, peristiwa-peristiwa semacam ini jangan sampai menjadi beban Sofi yang bisa mengganggu belajar Sofi. Sofi harus tetep semangat, tetep ceria, rajin belajar, optimis. Mudah2an Allah SWT selalu melindungi dan membimbing Sofi untuk menjadi lebih baik dan sukses. Amin YRA

Selamat menjalani mid semester ya... mudah2an diberi kemudahan dan kelancaran mempersiapkan dan mengerjakan, mendapatkan nilai yang memuaskan. Dijauhkan dari kesulitan dan gangguan.

Peluk & cium sayang mama”

Alhamdulillah, jawaban yang kuberikan bisa menenangkannya dan dia kembali ceria. Jadi ingat kata-kata bijak dari psikolog saat mendengarkan ceramahnya berkaitan dengan tingkat emosi remaja yang belum stabil. “Masa remaja masa yang paling indah, paling menyedihkan, paling ingin dikenang, dan paling ingin dilupakan”.

LOMBA AUDISI 1001 PERTANYAAN ANAK - DL AKHIR NOVEMBER 2011

Info lomba

Bunda pasti sering mendapatkan pertanyaan dari buah hati baik itu tentang, ibadah, keluarga, sex, tentang alam, tentang tuhan dan tentang apa saja.tulis pertanyaan buah hati yang disertai jawaban dari bunda tentunya.

1.posting cerita di blog http://seuntaikatahati.blogspot.com/2011/09/lomba-1001-perta
nyaan-anak.html minimal 150 kata boleh lebih.(sekitar 1 halaman )
2. bila gak punya blog, tulis cerita di notes beserta info lomba di fb masing-masing dengan mentag teman-teman sebanyak2nya beserta fb kontributor naskah parenting .
3. boleh kirim lebih dari satu cerita. akan dipilih 200 kisah utk dibukukan. jadi kemungkinan gak lolos kecil...

akan diseleksi 6 orang pemenang 3 pemenang utama akan mendapatkan reward uang tunai masing2 @100 ribu3 orang pemenang hiburan masing2 akan mendapatkan paket cantik ditunggu sampe akhir nop 2011 yah.

pengumuman awal tahun baru 2012 Insya allah semua pertanyaan anak akan ditawarkan ke penerbit mayor. namun tidak ada pembagian royalti bagi cerita yg terpilih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar