29 Oktober 2011

Pelajaran Dari Kandang Sapi

Ini obrolanku dengan jagoanku Mirza saat kami sekeluarga berlibur kerumah orang tua suami. Saat itu aku dan dia sedang berada diluar kandang sapi. Karena orang tua suami punya usaha jagal sapi jadi harus punya stok sapi dikandang.

“Mama, kenapa sih kandangnya bau sekali?”

“karena banyak kotoran sapinya”

“Kok kotorannya nggak dibersihkan?”

“Nanti juga dibersihkan, mungkin pak tukangnya masih menyelesaikan pekerjaan lainnya”

“Tapi ini kan sudah banyak kotorannya, itu malah ada yang ditidurin sama sapinya. Ih jorok ya Ma?”

“Iya jorok, tapi pak tukangnya kan nggak tahu kapan sapinya mau buang kotoran, pekerjaannya kan nggak hanya bersihkan kotoran. Jadi dia punya jadwal kapan harus bersihkan kandangnya”

“Sapinya kok mau-maunya tiduran di kotorannya ya Ma?”

“Namanya juga hewan, punya otak tapi nggak diberi akal sama Allah jadi nggak tahu itu bersih atau kotor. Makanya jadi manusia itu harus bisa jaga kebersihan karena manusia itu selain diberi otak juga diberi akal oleh Allah supaya bisa berpikir dan bisa membedakan mana yang baik mana yang buruk. Nah, kalau seandainya manusia nggak menggunakan akalnya, terus gimana dong kalau seperti sapi itu”

“Ih, jorok ih... nggak mau ah. Masak mau tiduran sama kotoran”

Aku tersenyum mendengar jawabannya, ternyata dari obrolan kami yang semula dia cuma menanyakan masalah “Kandang sapinya yang bau” bisa kuselipkan satu pelajaran tentang Allah yang meberikan akal, gunanya akal untuk berpikir supaya bisa membedakan baik dan buruk serta harus hidup bersih.

Info lomba

Bunda pasti sering mendapatkan pertanyaan dari buah hati baik itu tentang, ibadah, keluarga, sex, tentang alam, tentang tuhan dan tentang apa saja.tulis pertanyaan buah hati yang disertai jawaban dari bunda tentunya.

1.posting cerita di blog http://seuntaikatahati.blogspot.com/2011/09/lomba-1001-pertanyaan-anak.html minimal 150 kata boleh lebih.(sekitar 1 halaman )

2. bila gak punya blog, tulis cerita di notes beserta info lomba di fb masing-masing dengan mentag teman-teman sebanyak2nya beserta fb kontributor naskah parenting .

3. boleh kirim lebih dari satu cerita. akan dipilih 200 kisah utk dibukukan. jadi kemungkinan gak lolos kecil...

akan diseleksi 6 orang pemenang 3 pemenang utama akan mendapatkan reward uang tunai masing2 @100 ribu3 orang pemenang hiburan masing2 akan mendapatkan paket cantik ditunggu sampe akhir nop 2011 yah.

pengumuman awal tahun baru 2012 Insya allah semua pertanyaan anak akan ditawarkan ke penerbit mayor. namun tidak ada pembagian royalti bagi cerita yg terpilih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar